Senin, 19 Februari 2018

GINJAL



Struktur dan Fungsi Sistem Ekskresi pada Manusia

Pentingnya fungsi ginjal pada manusia sering kali luput dari perhatian kamu. Padahal ginjal adalah organ penting yang perlu diperhatikan kesehatannya. Ginjal terdiri dari nefron yang jika mengalami kerusakan, dapat mengakibatkan ginjal tidak berfungsi normal dan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan.

Image result for GINJAL PADA MANUSIA
Jika ginjal sudah kehilangan efektivitasnya hingga 90 persen, sangat mungkin tidak tampak gejala apa pun. Inilah yang membuat banyak orang yang merasa sehat secara tiba-tiba harus melakukan terapi untuk fungsi ginjal. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk menjalani pemeriksaan kesehatan secara rutin sebagai tindakan pencegahan.
Untuk menumbuhkan kesadaranmu akan pentingnya peran ginjal, ada baiknya untuk mengetahui fungsi organ penting ini. Inilah fungsi-fungsi ginjal beserta bagiannya:

1. Pembuangan Limbah

Tubuh mengalami proses pemecahan protein yang menghasilkan senyawa urea dan pemecahan asam nukleat yang menghasilkan asam urat. Dua senyawa, urea dan asam urat harus dikeluarkan dari tubuh.
Fungsi ginjal pada manusia adalah mengeluarkan senyawa tersebut dari dalam tubuh melalui urin. Jika tidak dikeluarkan senyawa tersebut dapat menumpuk dalam tubuh dan menyebabkan berbagai gangguan, contohnya penyakit asam urat.

2. Menyeimbangkan Cairan Tubuh

Ginjal juga berfungsi menyeimbangkan cairan dalam tubuh. Jika tubuh kekurangan air, menjadi tugas ginjal untuk menahan agar air di dalam tubuh tidak dikeluarkan dan mencegah terjadinya dehidrasi.
Itu sebabnya, jika tubuh kekurangan cairan, ginjal akan bekerja lebih berat dan dalam jangka panjang berkemungkinan cepat rusak. Pada akhirnya, ginjal bermasalah dan bisa kehilangan fungsinya.
Kamu tidak ingin hal ini terjadi, bukan? Kalau begitu, kurangilah kerja berat ginjal dengan cara minum cukup air putih setiap harinya.

3. Penyerapan Nutrisi

Tubuh akan mengambil nutrisi dari makanan sehat yang kamu konsumsi. Ginjal berfungsi menyerap nutrisi tersebut dari dalam darah, membuang yang tidak diperlukan dan mengambil kembali senyawa-senyawa yang penting untuk kembali diedarkan ke seluruh tubuh.
Komponen senyawa tersebut antara lain air, asam amino, natrium, kalium, glukosa, fosfat, bikarbonat, dan berbagai ion lainnya. Proses ini disebut dengan reabsorpsi atau penyerapan kembali.

4. Mengatur Tekanan Darah

Mungkin kamu baru tahu bahwa ginjal adalah organ tubuh yang turut berperan menjaga tekanan darah normal. Ginjal yang rusak dapat menyebabkan terjadinya penyakit tekanan darah tinggi atau disebut juga hipertensi.
Peran ginjal dalam mengatur tekanan darah adalah dengan menjaga keseimbangan jumlah elektrolit seperti natrium dan kalium serta memproduksi hormon renin-angiotensin yang menjaga tekanan darah tetap normal.

5. Berperan Dalam Pembentukan Sel Darah Merah

Dalam menjalani fungsinya, ginjal memerlukan oksigen. Oksigen tersebut dibawa oleh sel darah merah. Dengan kata lain, sel darah merah memasok oksigen agar ginjal dapat bekerja dengan baik. Masalahnya, kadang-kadang tubuh kekurangan sel darah merah.
Jika hal ini terjadi, ginjal bereaksi mengeluarkan hormon eritropoietin. Hormon ini akan merangsang sumsum tulang untuk memproduksi sel darah merah lebih banyak.
Dengan demikian, akan ada tambahan sel darah merah yang membawakan oksigen sebagai zat yang diperlukan bagi ginjal untuk berfungsi secara optimal.

6. Mengatur Keseimbangan Elektrolit

Fungsi ginjal pada manusia salah satunya juga mengatur keseimbangan elektrolit di dalam tubuh. Ketidakseimbangan elektrolit dapat terjadi karena tubuh kekurangan cairan atau mengalami penyempitan pembuluh darah.
Fungsi ginjal sebagai penyeimbang elektrolit ini memungkinkan ginjal meningkatkan volume urin yang keluar atau menahan elektrolit tersebut agar tidak dikeluarkan dari dalam tubuh terlebih dahulu.

7. Mempertahankan pH Darah

Kadar pH atau derajat keasaman darah di dalam tubuh harus stabil. Dalam mempertahankan pH, ginjal bekerjasama dengan paru-paru. Sementara paru-paru melaksanakan fungsinya dengan memantau kadar karbon dioksida, ginjal melaksanakannya dengan cara reabsorpsi dan regenerasi bikarbonat dari urin.
Tentu saja manusia tidak merasakan adanya proses ini di dalam tubuh. Namun, kamu perlu tahu pH normal darah berada pada kisaran 7,38-7,42.
Jika ginjal tidak dapat menjalani fungsinya, kemungkinan pH darah akan terganggu. Akibatnya, bisa terjadi asidemia atau alkalemia yang jika kondisinya tidak wajar, dan parahnya dapat menyebabkan kematian.
Setelah mendapat gambaran mengenai fungsi ginjal pada manusia, sekarang saatnya kamu mengetahui cara menjaga fungsi ginjal sebagai alat ekskresi. Silakan simak informasi berikut ini:
  • Konsumsilah makanan sehat agar tubuh terhindar dari penyakit yang dapat memperberat kerja ginjal, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.
  • Banyak minum air putih, tapi tidak perlu berlebihan juga ya. Kisaran idealnya, pria butuh 3 liter air putih dan wanita 2,2 liter air putih.
  • Olahraga secara teratur dan tidak berlebihan, agar tetap sehat dan terhindar dari tekanan darah tinggi.
  • Cobalah berhenti merokok! Sebab, kebiasaan buruk yang satu ini dapat merusak pembuluh darah sehingga pasokan darah yang membawa oksigen ke ginjal pun berkurang.
  • Jangan sembarangan minum ramuan herba atau suplemen. Sebab, mengonsumsi minuman seperti itu sering kali membuat kerja ginjal menjadi lebih berat.
  • Hentikan konsumsi obat herba atau suplemen jika kamu merasakan sakit pada area perut bagian samping atau belakang. Tidak ada salahnya untuk mengonsultasikan kepada doktermengenai manfaat obat herbal atau suplemen.
  • Tidak sembarangan minum obat tanpa resep dokter. Obat-obatan bebas yang dikonsumsi sembarangan dalam jangka panjang berisiko tinggi merusak ginjal.
sumber https://www.dokterbabe.com/artikel/fungsi-ginjal-pada-manusia/

0 komentar:

Posting Komentar

ELEKTRONIKA DIGITAL

Elektronika Digital Elektronika digital adalah sistem elektronik yang menggunakan  signal  digital.  Signal  digital didasarkan pada s...

 

Sabilla Kusuma Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design